Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya


Buku dengan judul yang menggelitik ini udah keluar setahun atau mungkin dua tahun lalu. Saya baru membacanya sekarang, itupun karena tante saya yang memberikan buku ini. 


Hal pertama yang saya dapatkan setelah membaca buku ini adalah merasa tenang.
Kesedihan saya bisa saya atasi. Tidak lantas hilang atau masalah saya menjadi selesai memang, namun saya mendapat banyak pelajaran berharga dari buku ini.
Saya menyadari betapa egoisnya hidup ini, dan semua orang berlomba menjadi egois. 
Mengapa siput yang hanya bisa berjalan lambat harus dipaksa menjadi kelinci yang bisa berlari kencang. Orang-orang disekitar kita terlihat begitu mengkhawatirkan kita. Tapi, tahukah bahwa mereka sebenarnya tidak benar-benar perduli. 
Kita yang terlalu memikirkannya sehingga sesak sendiri.

Saya sadar bahwa hidup ini penuh tuntutan. Setiap hari, setiap waktu semua orang menuntut kesempurnaan dari jiwa-jiwa yang haus kebebasan ini. 
Ingin diterima apa adanya pun jadi sangat egois dan mahal untuk waktu sekarang ini. 
Kalau ingin diterima apa adanya, mungkin saya seharusnya tidak mendengarkan musik atau menonton film dan pertunjukkan semacamnya. Karena, saya sendiri menuntut kesempurnaan dari hiburan yang saya lihat dan dengar. 

Buku ini seperti membebaskan pikiran saya. Tak apalah jika fisik saya tak bisa bebas bergerak pergi kemana saya ingin, jika saya terjebak dalam keadaan yang tak bisa saya kendalikan, asalkan jiwa dan pikiran ini sehat dan bebas. Meskipun kebebasan berfikir saya hanya mampu saya lampiaskan di dunia maya, contohnya melalui tulisan saya ini.

Ajahn Brahm adalah seorang berkebangsaan Australia yang menjadi biksu. Ajaran tentang hidup membuat saya mempelajari bahwa dalam hidup ini kita harus selalu seimbang dan bahagia. Bagaimana menemukannya, itu yang sulit.

Banyak orang mengira dengan jabatan, uang dan harta yang mereka miliki mereka akan tenang dan bahagia. Kebahagiaan bagi sebagian orang bermakna berbeda. Kenapa kita tidak berhenti memikirkan orang lain dan mulai mengatasi kerisauan yang terjadi pada diri sendiri?

Buku ini begitu menginspirasi dan mempengaruhi kehidupan saya. 
Cerita yang paling saya sukai adalah cerita pertama dan cerita terakhirnya. 
Bagi yang penasaran, silahkan bisa membeli bukunya di toko buku.

Comments