Skripsi adalah sebuah mahakarya

Hai, selamat datang di curhatan kegalauan saya tentang skripsi. Seperti yang udah saya bilang sebelumnya kalo saya lagi sibuk mengerjakan sesuatu bernama skripsi. Sebenernya sih gak sibuk-sibuk banget. Lebih banyak nganggur dan bengong sambil ngayal daripada mikir skripsi.
Hal yang paling sulit dalam bikin skripsi adalah ide. Saya udah dapet ide susah payah, bikin itu bab 1 sama 2 trus kata dosen itu salah. Itu tuh rasanya kayak kamu udah latian nyanyi karaoke berjam-jam di in*l vi*ta tapi masih kalah juga lomba nyanyi pas 17an. Kalo lagu jaman sekarang tuh "sakitnya tuh di sini pas kena hatiku.." 

Yang saya sadari, ternyata selama 4 tahun kuliah saya gak belajar apa-apa. Saya gak tau mau nulis apa di skripsi. Bener-bener bingung gimana. Ngerasa bodoh itu gak enak ya, itu kayak mematikan syaraf-syaraf kreatif yang lain jadinya gak semangat mau ngapa-ngapain. Ini gak lebay tapi beneran ngerasa gitu akhir-akhir ini. 

Beberapa sahabat dan temen udah pada lulus, skripsi udah bab terakhir, ada yang lagi nyari kerja. Ada yang udah kerja juga. Ngelanjutin S2 atau bahkan udah mau nikah  aja. Sedangkan saya masih gini-gini aja. Masih ngegalauin mau nulis apa di skripsi. 

Yang paling bikin sedih sebenernya karena tau temen-temen ksmu bisa nyelesaiin skripsi mereka sedangkan kamu masih di situ-situ aja. Apalagi kalo ada yang nanya "udah lulus ya?" "Udah bab berapa?" "Rencana mo kerja dimana nanti?"
Tolong lah jangan nanya-nanya gitu kalo gatau gimana susahnya jiwa ini menanggung beban hidup mahasiswa tingkat akhir (mulai drama)

Ada juga yang nyebelin kalo pas lagi ngucapin selamat ke temen yang udah sidang, atau lulus ditanya balik "kapan nyusul?" Mungkin maksudnya baik ya. Tapi malah bikin kesel sendiri. Segitu gak mampunya kah saya sampe nyelesein skripsi 5 bab aja gak bisa?. Mulailah pikiran jelek menggerayangi. 

Makanya jangan pernah bilang skripsi orang gak berbobot deh. Soalnya bikin skripsi itu sulit banget. Butuh niat dan usaha yang super keras. 
Selama 4 tahun ini usaha bertahan di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan udah cukup kayaknya. Sekarang waktunya usaha buat melepas ini semua tapi masalahnya masih stuck dengan ide skripsi gimana mau move on.

Jadi, kalian yang baik hati ada yang mau nyumbang ide? Atau mau ngasih semangat? Boleh banget ditunggu komentar pedas, asam, dan manis kalian


PS: tulisan ini dibuat untuk para mahasiswa tingkat akhir yang masih galau karena skripsi dan belum move on dari mantan , dan juga para jomblo.

Comments

Hosting Unlimited Indonesia