Apa arti sebuah perayaan?

Tahun 2014 sebentar lagi akan berakhir. Orang-orang sibuk merayakan tahun baru. Padahal baru saja kemarin kita mendapat musibah, pesawat Air Asia hilang dan kemudian puing pesawat serta mayat ditemukan. Sungguh miris mengingat kebanyakan penumpang merupakan satu keluarga yang kemungkinan besar akan berlibur dan menikmati tahun baru di negara tetangga.

kita masih bisa bersuka cita dengan merayakan pergantian tahun, meniup terompet dan menyalakan kembang api? Mungkin akan ada orang yang berkata "terus kita mesti ikut sedih juga?" " emang dengan kita gak bersenang-senang duka keluarga mereka bisa hilang?" Yaa memang kalau kita gak merayakan tahun baru ga akan ada yang berubah.

Saya ga bermaksud sok menasihati atau menggurui tentang bagaimana kita sharusnya bersikap. Tapi melihat dari kasus tenggelamnya kapal Sewol di Korea Selatan, negara mereka seakan mengumumkan berduka selama dua minggu lebih. 

Mungkin juga saya yang merasa sensitif dengan perayaan sementara jika kita ingat ada orang-orang yang sedang kehilangan menangisi kepergian keluarga mereka untuk selamanya. 

Saya sendiri emang ga pernah merayakan tahun baru dan ga suka suara kembang api. Pertama dan terakhir saya melihat kembang api dan merayakan tahun baru adalah pergantian 2010 ke 2011 itupun juga karena ada acara rekan dari orang tua.

Mungkin juga karena saya gak suka dengan perayaan tahun baru dan suara kembang api jadi saya agak sarkas dengan perayaan tahun baru. 

Ya orang-orang mati kelaparan setiap harinya di Afrika. Mati terkena bom di Gaza dan kita tetap aja tuh makan makanan enak dan beli pakaian mahal. Ya life must go on. 
Tapi kejadian ini ada di negara kita sendiri dan isu yang sangat dekat dengan kita. 

Akhirnya saya menyadari bahwa yang terpenting adalah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayangi sangat penting sebelum semuanya terlambat.  
Terkadang kita menjadi egois dan arogan, tetapi tetap saja kita butuh mencintai dan dicintai. Perasaan yang luar biasa yang ditiupkan Tuhan. 

Jadi saya mengingat keluarga korban yang merayakan tahun baru dengan kesedihan. Mengingat bagaimana tidak bisa berkumpul dengan orang-orang yang mereka sayangi disaat malam tahun baru.

Apa arti perayaan? Berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi adalah yang hal terbaik.
Bagaimana kamu merayakan sesuatu? Bersyukur mungkin salah satu terbaik untuk merayakannya. Hal baik yang terjadi dihidup kita adalah pemberian Tuhan. Sedikit religius jadinya hehehe tapi cuma pengin ngingetin aja sih. 

Jadi bagaimana malam tahun baru kalian? 
Terserah kalian mau merayakan dengan cara apa. Cuma mau sharing aja sih. Semoga malam tahun baru kalian menyenangkan dan semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan. 

Selamat tahun baru ya!  

Comments

Hosting Unlimited Indonesia