Geektalk: OBI Smartphone Apaan Sih?


OBI Smartphone itu apa ya? beberapa orang yang gue tanya tentang Obi pada nanya balik "apaan tuh?" atau "gue gak tahu"
Wajar sih karena gue juga baru tahu kemarin kalau ada smartphone yang namanya Obi. Gimana gue bisa tahu. Jadi ceritanya gini, gue mainan Periscope dan follow salah satu Tech reviews bernama Ario Pratomo. Nah, beliau diundang ke acara launch produk Obi di San Fransisco dan live di periscope otomatis gue bisa nonton deh dan tahu tentang Obi. Kalian bisa liat tulisan Kak Ario tentang Gadget di blog nya http://sheggario.blogspot.com/ 

Dari yang gue lihat di periscope modelnya si Obi phone ini kece banget. Bagian atasnya mengotak dan bawahnya agak membulat. Perpaduan Lumia 730 dan Iphone sih kalau kata gue. Karena gue penasaran jadi gue search deh di YouTube tentang Obi, dan ternyata belum ada yang mempost video tentang smartphone yang satu ini. Gue googling dan nemu website resminya http://www.obiworldphone.com/
Impresi pertama,gue udah suka banget sama modelnya dan spesifikasinya gak jelek. Ada dua smartphone yang diluncurkan yaitu SF1 dan SJ1.5.

Obi SF1 bisa dibilang flagship dari smartphone ini. Dengan harga $249 untuk versi ram 2GB dan rom 16GB  dan $299 untuk ram 3GB dan rom 32GB (cmiiw) kalian bisa dapet design yang cantik seperti ini. 





Layar pada seri SF1 memang timbul gitu, keren ya dan yang gue suka lagi UI atau user interfacenya yang tetap menggunakan app drawer dengan icon unik khas Obi. Membawa processor Qualcom snapdragon 615, dan sudah mendukung 4G. Dengan Octa Core 64 bit rasanya bermain game juga gak akan nge lag dan bisa memberikan grafis yang bagus (gitu sih kata-kata di website mereka)
Tapi gue sendiri lebih tertarik dengan designnya yang cantik, karena gue gak begitu suka main game. Kameranya juga kayaknya gak jelek sih. Belum tahu hasilnya karena belum ada reviewnya dan belum nyoba sendiri. Tapi katanya sih mereka pakai kamera dengan sensor buatan sony. Kamera belakangnya 13mp dan depan 5mp dengan flash!
Meskipun smartphone ini tipis dan keliatan kecil dengan design unibodynya, tapi ukuran baterainya gak bisa dibilang kecil, dengan baterai 3000mAh kayaknya sih cukup lah dibawa seharian tanpa main game berat. 

Sementara adiknya nih si SJ1.5 belum mendukung 4G dan designnya lebih agak biasa dibanding SF1 meskipun sih kata gue tetap aja keren. SJ1.5 katanya dibandrol dengan harga $129 ya cukup murah untuk ukuran orang Amerika mungkin kalau dirupiahkan sih tetap aja mahal. 
Kalau SF1 designya metal gitu dan layarnya menonjol, si SJ1.5 ini designya unibody dengan bahan plastik dengan empat pilihan warna merah,hitam,putih, dan hitam tapi diatasnya warna merah. 



Modelnya lebih biasa? gak juga menurut gue meskipun berbahan plastik tapi tetap terlihat kece. Kayaknya beda dengan SF1 selain terletak pada design juga pada kamera SJ1.5 memilik pixel yang lebih kecil yaitu 8mp untuk kamera belakang dan 5mp pada kamera depan tanpa flash. Sedangkan pada Internal storage terdapat 16GB dengan ram 1GB saja. Dengan processor 1,3GHz Quad Core Mediatek. Ya kita lihat aja apa bakalan lemot buat main game berat ya. Tapi sekali lagi karena gue bukan pecinta game jadi melihat design dan kamera yang bagus udah cukup banget buat menarik hati gue ke smartphone ini. 

Kenapa smartphone ini agak mirip iPhone ya? jawabannya mungkin karena orang-orang dibalik terciptanya smartphone ini adalah mantan petinggi Apple yaitu John Sculley dan Robert Brunner. Sebelum meluncurkan SF1 dan SJ1.5 ternyata Obi mobile sudah pernah membuat smartphone yang laku di pasar Afrika, Timur Tengah, dan India. Tapi waktu itu gue belum tahu jadilah sekarang baru lihat yang namanya Obi phone. 
By the way kenapa namanya Obi? gue juga gak tahu. Mungkin yang buat terinspirasi sama Obi wan kenobi itu loh tokoh di Star Wars. Sang Jedi Master yang jadi mentornya Luke Skywalker, tapi kayaknya Obi mobile gak ada hubungannya sama itu sih.
Kalau lihat design logonya bikin kalian inget sama sesuatu? Yap, jadi yang mendesign smartphone ini adalah perusahaan yang sama dengan yang mendesign Beats yaitu Ammunition group http://www.ammunitiongroup.com/ 

Katanya sih smartphone ini bakal masuk bulan Oktober tahun ini. Meskipun gue belum tentu beli karena keterbatasan dana, tapi kayaknya seru juga kalau smartphone ini meramaikan pasar gadget Indonesia yang mulai sesak dengan datangnya smartphone dari Tiongkok. Kalian juga bisa baca kenapa Sculley mantan CEO Apple membuat smartphone ini  Ini Alasan Mantan CEO Apple Jualan Android Murah

Sekian aja cuap-cuap soal gadgetnya, sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya. 
Selamat berakhir pekan!

Comments