Review Film: Maze Runner (2014) 'The Scorch Trials, The next level of Resident Evil?'



Pengin liat Thomas Brodie Sangster, Dylan O'Brien, dan Lee Ki Hong lari-larian lagi di film ini. Dan, bener mereka emang masih lari-larian di film kedua ini.
Supaya kekinian, kemarin gue nonton film yang satu ini. Selain itu karena emang udah nonton Maze Runner dan cukup penasaran sama sekuelnya.

Peringatan 

Tulisan ini mungkin akan mengandung spoiler. Buat yang belum nonton filmnya dan benci spoiler lebih baik jangan baca tulisan ini. 

Film dibuka sama ingatan terakhir Thomas (Dylan O'brien) saat dia pertama kali masuk atau bergabung sama WICKED. Yang udah nonton Maze Runner pasti udah tau kalau mereka udah selamat dari labirin dan dibawa sama satu tim gitu naik pesawat. Kemana? pasti pas nonton ending Maze Runner gregetan banget kan pengin tau siapa tim yang membawa Thomas, Minho, Newt, dan Teresa, terus mau dibawa kemana...hubungan kita? garing, abaikan. 

Mereka dibawa kesuatu tempat, yang dikonfirmasi kalau tempat ini aman dari wabah. Mereka dikasih makanan, pakaian baru, tempat tidur yang nyaman. Siapa pemilik tempat ini? seseorang bernama Janson yang jadi bos di tempat ini. Janson sendiri diperankan sama Aiden Gillen. Yang gue tau sih dia main jadi Petyr Baelish atau yang juga dikenal dengan nama Littlefinger di Game of Thrones. Dan, dia masih berperan menjadi penjahat yang berpura-pura baik juga di film Scorch Trials ini. Wajahnya emang pas sih memerankan karakter licik. Untung dia ganteng hahaha (abaikan. gak ada hubungannya sama film) 

Thomas yang jadi pemimpin di geng mereka gak percaya kalau tempat ini aman dan gak ada hubungannya sama WICKED. Terus dia mulai nyelidikin sama seorang anak yang dia temuin di tempat ini namanya Aris. Jadi, di tempat ini ada banyak anak dari labirin lain yang diselamatkan. 
Ternyata setelah diselidikin, si Janson ini masih ada hubungannya sama Ava Paige, taukan siapa dia? pemimpin WICKED yang sempat muncul di ending Maze Runner. Kesimpulannya, tempat yang mereka pikir aman ini ternyata sama juga WICKED. Bingung? daripada gue menjelaskan dan kebanyakan spoiler mending tonton filmnya sebelum kelar tayangnya di bioskop.

Singkat cerita Thomas dkk bisa kabur dari tempat ini. Menurut gue si Thomas emang keras kepala sih dan berjiwa pemimpin banget. Keluar dari tempat ini mereka harus menghadapi gurun pasir dan badai. Setting tempat ini keliatannya di San Fransisco soalnya ada Golden Gate Bridge.



Karena saat itu ada badai pasir mereka sembunyi di sebuah tempat yang kelihatannya sih bekas mall gitu. Pas di dalam mall itu mereka nemu baju bekas, tas, dan peralatan makan. Ajaibnya Teresa bisa-bisanya dapet skinny jeans sama boots yang menurut gue sih bukan kayak jeans bekas ya (namanya juga film). Menurut gue ya meskipun mereka lagi kelaparan ditengah gurun pasir dan dikejar sama tentara dari WCKD ini mereka tetap harus tampil keren dan bergaya walau muka kotor tetep harus keliatan cantik dan tampan. Yaa namanya juga film!

Ternyata selain ada perlengkapan yang mereka butuhkan di mall ini ada penghuni lain. Penghuni lain itu adalah orang-orang yang terkena wabah atau crank. Bentuk mereka mirip kayak zombie sih. Makanya gue bilang film ini jadi mirip sama Resident Evil. Sekumpulan orang-orang yang imun yang dikejar sama sebuah perusahaan dan harus berhadapan juga sama zombie. Mirip kan ceritanya? 
Bedanya zombie di film ini lebih serem daripada di Resident Evil. Gak percaya? coba nonton deh sensasi ngagetinnya lebih dapet. Gue yang gak biasa teriak kalau nonton film aja bisa teriak saking kagetnya.

Adanya pemeran cewek baru di film ini juga bikin film ini jadi lebih dapet lovey dovey-nya. Kehadiran Brenda sebagai orang ketiga diantara Teresa dan Thomas bikin gue suka banget. Dan, mungkin Thomas dan Brenda bakal jadi pasangan di film selanjutnya? ya semoga aja. 
Selain Brenda ada juga Harriet yang diperankan sama Nathalie Emmanuel. Siapa dia? yang ngikutin Game of Thrones pasti tau dia adalah 'asisten'nya Danaerys Targaryn. Gue jadi mikir ini reuni kecil-kecilannya Game of Thrones apa gimana sih?

Balik lagi ke filmnya. Kenapa gue suka sama Brenda karena dia disini nunjukin karakter cewek yang kuat gak manja. Dan, kenapa gue gak suka sama Teresa karena dia keliatan kayak princess banget hahaha subjektif. Ini bakalan spoiler abis deh. Jadi Teresa yang terus ngehubungin WCKD pas mereka lagi dalam pelarian. Alasannya Teresa, dia yakin WCKD itu baik dan dia mau nolong umat manusia karena dulu ibunya ternyata terjangkit wabah atau crank ini. Gue gak suka dia yang sok baik dan protagonis hahaha. 


Waktu gue nonton bagian Thomas tau kalau Teresa yang menuntun Janson ke persembunyian mereka. Perasaan gue sempat ikutan hancur sih (lebaaay). Udah lari-lari digurun, capek. Dikejar sama tentara bersenjata, harus ngadepin zombie-zombie. Eh, dikhianatin sama pacar sendiri. Sakit gak tuh? 

Kabar baiknya adalah, Newt kelihatan lebih tua disini. Akhirnya Thomas Brodie-Sangster bisa kelihatan tua! Muka dia yang kayak anak kecil, badan dia yang kurus tinggi dan image kalau dia artis cilik bikin dia gak pernah terlihat tua. Terimakasih untuk film ini akhirnya dia kelihatan sesuai sama umurnya dan dia tetap ganteng.

Curhat dikit, nonton film yang bersekuel gini tuh emang paling bikin capek. Dari The Hunger Games, Divergent, terus The Giver yang ceritanya mirip-mirip. Harus nungguin film selanjutnya tahun depan itu yang bikin males. Lelah menunggu, lelah di kasih harapan palsu (emm malah curhat)

Rating film ini di IMDB bagus gak? lumayan lah 7.1. Gue sendiri ngasih 7 bintang buat film ini. Film ini wajib ditonton gak? yaa kalau udah nonton Maze Runner sih wajib nonton karena pasti penasaran kan. Kalau yang belum nontn Maze Runner juga gak bakalan bingung nonton film ini. Ada banyak penjelasan di film ini jadi sebenernya sama aja kayak nonton film baru bukan kayak nonton sekuel. Kayak nonton Harry Potter, meskipun nonton film yang kedua tapi belum nonton yang pertama juga gak bingung karena punya cerita sendiri. Malahan di sekuelnya ini malah lebih banyak penjelasan tentang WCKD, tentang wabah yang melanda dunia dibandingkan di film pertama yang lebih bikin bingung karena tanpa penjelasan apa-apa kita disuruh nonton orang-orang yang berusaha keluar dari labirin. 

Ending di film kedua ini agak lebih mending sih. Mending gimana? gak terlalu bikin bingung. Penoton tahu kalau, Minho berhasil diculik dan Teresa bergabung ke WCKD secara sukarela. Terus Thomas berencana membunuh Ava Paige. Gimana caranya? nah, itu yang mesti kita tunggu di film berikutnya. 
Gue sih lebih nungguin gimana kelanjutan hubungan Brenda, Thomas sama Teresa. Mungkin Teresa bakal balik lagi sama Thomas setelah dia sadar atau mungkin Teresa mati kebunuh terus Thomas tetep gak bisa move on dan Brenda bertepuk sebelah tangan. Malah jadi ngomongin lovey doveynya. 

Buat yang udah gak sabar dan penasaran bisa baca novelnya aja. Gue sih males jadi mau nunggu filmnya aja. 
Baiklah sekian tulisan tentang film Scorch Trial. Selamat menonton film ini! 

Comments