Review Film :Hotel Transylvania 2 (2015)


Fil sekuel dari Hotel Transylvania ini masih menghadirkan Selena Gomez sebagai  Mavis dan Adam Sandler sebagai Papa Drac.


Setelah menonton Maze Runner Scorch Trials, tadinya mau lanjut nonton Everest. Tapi, sepertinya gak kuat kalau harus dibikin tegang terus jadi gue putuskan buat nonton film yang satu ini aja. Film kartun yang terkenal bagus biasanya memang produksi dari Disney dan Pixar, sebut aja Frozen yang jadi trend dan booming banget gak cuma dikalangan penyuka film kartun atau fanboynya Disney. Film Disney emang biasanya memiliki kekuatan cerita ditambah dengan gambar yang bagus. Eh, malah bahas kartun dari Disney.

Hotel Transylvania emang bukan kartun buatan Disney tapi buatan Sony Picture. Ada Adam Sanders dan Selena Gomez yang mengisi suara dua tokoh utama di film ini. Mengisahkan tentang bapak dan anak dracula yang tinggal di sebuah hotel di Transylvania. Di film pertamanya menceritakan tentang Mavis(Selena Gomez) yang jatuh cinta sama manusia. Nah, di film kedua ini Mavis udah nikah sama Jonathan(suara diisi sama Andy Samberg) dan mereka memiliki anak bernama Dennis.

Adam Sanders atau yang dipanggil Papa Drac agak khawatir sama Dennis yang setengah manusia dan setengah dracula ini. Drac pengin banget Dennis jadi dracula, tapi tanda-tanda ke-dracula-an itu gak muncul-muncul. Mavis berpendapat kalau anaknya tersebut emang lebih kuat darah manusianya dan mungkin emang gak bakalan jadi dracula. Gak punya taring gitu.

Mavis yang over protective sama Dennis pun melarang anaknya buat gaul sama teman-teman monsternya. Takut Dannis kenapa-kenapa karena pergaulan monster tuh lebih kasar. Tau dong di Hotel Transylvania itu isinya monster semua. 

Nah, Mavis yang berpikir kalau lingkungan di Hotel Transylvania gak cocok buat anaknya tumbuh memutuskan buat pindah ke kampung halamannya Jonathan, di Santa Cruz. Jonathan sendiri lebih memilih tinggal di Hotel Transylvania karena disanalah satu-satunya tempat yang membuat dia merasa jadi dirinya sendiri. 

Maka Papa Drac dan Jonathan berkomplot (gak menemukan bahasa yang tepat) buat membawa Mavis untuk ngelihat-lihat Santa Cruz dan meninggalkan Dennis bersama Papa Drac. Rencananya adalah membuat Mavis gak suka sama Santa Cruz dan Dennis mengeluarkan taringnya sebelum ulang tahunnya yang ke-5 yang berarti cuma tinggal seminggu lagi. Dengan mengeluarkan taring maka Dennis resmi jadi dracula yang berarti Mavis gak bakal bisa pindah ke Santa Cruz.




Begitu Jonathan dan Mavis pergi, Papa Drac langsung ngajak Dennis dan gengnya (Frankenstein, Wayne, Murray, dan Griffin) buat memulai ritual mereka untuk memancing insting dracula Dennis. Papa Drac ngajak Dennis pergi ke camp Drac, tempat buat ngelatih insting anak-anak dracula. Tapi, pas mereka kesana camp itu udah berubah total menjadi lebih 'manusia' dan gak nyeremin lagi kayak dulu.

Lucunya di film ini, bisa kita lihat produk milik Sony bertebaran. Dari mulai handphone, terus ada VAIO Laptop, Ada TV juga meskipun gak kelihatan sih tulisan Sony Bravia-nya. Teknologi mendominasi di film ini. Perubahan juga terjadi di interior hotel yang disulap lebih 'manusia' dengan tv flat di tempel dimana-mana. Ada juga adegan saat Jonathan ngajarin Drac gimana caranya ngirim pesan tapi karena kuku Drac yang tajem jadi susah buat ngetik.

Papa Drac sengaja ngajak Dennis ke menara tinggi buat memancing insting terbangnya. Dennis sengaja dijatuhin dari atas menara supaya dia bisa terbang. Begitu hampir mencapai daratan ternyata Dennis gak terbang juga. Frankensein dkk udah ngingetin Papa Drac berkali-kali, sampai akhirnya Papa Drac percaya kalau Dennis gak bakalan terbang dan dia langsung meluncur menangkap Dennis yang hampir aja nyentuh tanah alias jatuh. 

Adegan itu diliat sama banyak anak dracula di camp dan mereka langsung merekam terus masukin itu ke YouTube. Bener-bener kayak perilaku masyarakat kekinian banget. Konyolnya video yang diunggah ke YouTube itu ditonton sama Jonathan dan disebelahnya ada Mavis. Langsung deh Mavis murka, setelah menelpon Papa Drac dan akhirnya ketauan apa yang dia lakukan. Mavis langsung pulang ke Transylvania saat itu juga.

Papa Drac yang ketakutan anaknya mau balik langsung deh pulang ke Hotel. Banyak banget adegan lucu di film ini. Seperti saat Papa Drac dan gengnya mau balik ke Hotel naik Scooter milik Blobby. Blobby sendiri adalah Gel yang gak bisa ngomong dan dia agak dikucilkan di Geng Papa Drac karena dianggap merepotkan. Akhirnya mereka bertujuh naik scooter. Sumpah lihat adegan ini tuh bikin ngakak. Susah dijelasin lucunya kalian harus nonton sendiri.

Singkatnya sampailah mereka di Hotel dan udah keduluan sama Mavis. Dia langsung marah-marah dan bilang akan pindah ke Santa Cruz abis ngerayain ulang tahun Dannis yang ke-5 di Hotel.

Papa Drac sedih mau pisah sama Dennis. Anak kecil berambut emas itu juga sedih mau pisah sama kakeknya.

Sebenernya sih Papa Drac sayang banget sama Dennis. Dia pengin Dennis jadi dracula bukan karena dia gak suka sama manusia tapi juga pengin mempertahankan Dennis di Hotel dan butuh afirmasi kalau Dennis itu keturunannya.

Pesta ulang tahun Dennis ke-5 dirayakan bersama keluarga Jonathan yang manusia dan para monster. Gak lupa Mavis ngundang Kakie monster boongan yang suka tampil di televisi. Kakie ini monster kesukaan Dennis. Dia aslinya manusia tapi pake kostum monster yaa kayak badut gitu sih. Kayak Sesame Street.

Entah dapet ilham darimana si Mavis ngundang Kakek Vlad. Bapaknya si Drac. Vlad ini buyutnya Dennis dan punya peliharaan bernama Bela. Gak jelas sih Bela ini apa, tapi kayaknya dia ini semacam kelelawar gitu. Bela ini anti banget sama manusia, menurut dia manusia gak bisa menyatu dengan dracula. Kakek Vlad juga punya pemikiran serupa. Jadi pas Papa Drac membuka hotel buat manusia dan bikin hotelnya jadi lebih manusiawi Kakek Vlad pergi dan menyendiri di dalam goa.

Reuni keluarga terjadi. Kakek Vlad dateng dengan dramatisnya. Papa Drac yang tahu kalau Kakek Vlad gak suka sama manusia langsung dandanin Jonathan jadi kayak dracula dan bikin nama samaran buat Jonathan. Pesta ulangtahun Dennis hampir aja chaos karena kakek Vlad akhirnya tahu kalau Mavis nikah sama manusia dan punya anak setengah manusia yang belum juga tumbuh taringnya.

Ditengah perdebatan keluarga itu. Dennis melarikan diri keluar dari hotel menuju hutan ditemenin sama temen wanitanya Winnie. Dennis ngerasa bersalah karena taringnya gak tumbuh dan dia bukan dracula (sedih banget nih, disini Dennis gemesin banget).

Winnie ini anak perempuannya Wayne dan Winnie emang kelihatannya naksir sama Dennis buktinya dia bilang kalo Dennis itu adalah Zing-nya. Zing itu semacam jodoh kali ya atau soulmate gitu mungkin.

Bela si kelelawar yang disuruh nunggu diluar ngelihat Dennis yang lari langsung ngenalin kalau dia itu manusia. Langsung deh Dennis dan Winnie dikejar sama Bela.

Bela berniat buat ngebunuh Dennis, Winnie gak tinggal diam dia berusaha ngelindungin Dennis. Beda kekuatan jelas Bela yang menang. Winnie jatuh tersungkur, Dennis yang ngelihat itu gak suka temen ceweknya disakitin bikin insting draculanya muncul. Dia jadi kuat dan taring draculanya keluar. Dennis resmi jadi dracula!

Balik ke hotel, keluarga dracula dan manusia yang ribut ini baru sadar kalau Dennis menghilang. Papa Drac bilang ke Kakek Vlad kalau dia sayang banget sama Dennis gak perduli anak itu manusia, dracula, atau unicorn sekalipun. Kakek Vlad yang denger kata-kata dari Drac langsung ikut luluh. Mereka semua akhirnya keluar hotel buat nyari Dennis (dasar keluarga rempong)

Begitu sampai di hutan Papa Drac dan Mavis menemukan Dennis yang udah berubah wujud menjadi kelelawar. Kelelawar berambut emas it was really cute!

Bela yang abis diserang sama Dennis langsung manggil temen-temen kelelawarnya. Dan, terjadilah pertarungan antara keluarga Mavis (para monster+manusia) v.s para kelelawar jahat.

Siapa yang menang? tentu aja keluarga Mavis lah.

Kakek Vlad akhirnya juga mengakui Jonathan dan Dennis sebagai keluarganya dan mengusir Bela pergi selamanya dari Transylvania supaya gak ganggu keluarganya lagi.

Pesta berlanjut dong! kali ini pesta yang bener-bener pesta. Dennis resmi jadi Dracula dan mereka gak jadi ninggalin Transylvania.

Happy Ending? Yaa seperti film kartun pada umumnya pasti selalu berakhir bahagia.

Yang gue suka dari film ini adalah sense of humor nya. Bertabur lelucon dan adegan kocak wajar film ini dibintangin sama Adam Sanders yang sering banget main di drama comedy.

Rekomendasi buat film keluarga minggu ini. Film ini gak terlalu berat ceritanya. Anak-anak bakal disuguhin sama gambar yang bagus. Orang dewasa bakal tertarik dengan kelucuan dalam film ini.

Dennis anak yang lucu banget. Gue suka banget sama Murray si mummy yang gendut dan kocak banget tingkah lakunya. Terus Wayne serigala yang udah pensiun yang gak bisa menangkap rusa lagi. Lovey doveynya Jonathan dan Mavis yang lucu.

Griffin yang punya pacar khayalan padahal itu dia lagi ngomong sama dirinya sendiri (dasar jomblo akut). Dan, Blobby yang gak jelas mahluk apa tapi kelihatan konyol.


Di IMDB film ini ratingnya lumayan kok 7.3. Gue sendiri ngasih 7 bintang buat film ini. Jangan dibandingin sama film keluaran Disney karena Disney tuh punya kematangan cerita sendiri. Kalau soal gambar sih gak kalah sama Pixar. Kalau Disney punya cerita yang menyentuh dan bikin mikir. Sony Picture mau ngasih film keluarga yang bikin ketawa-tawa sepanjang nonton film.

Jadi, layakkah film ini buat mengisi akhir pekan? layak banget.

Ada Scorch Trials, The Martian, sama Everest yang lagi tayang di bioskop. Menurut gue sih film ini yang paling pas buat jadi penawar film-film kelas berat tersebut.

Selamat menonton!

Comments