Review Album: Mind Your Own Business, Ailee


Siapa yang pantas disebut sebagai Beyonce-nya Korea? Hyorin atau Ailee? secara mereka berdua punya karakter vocal yang kuat dan act stage yang keren.
Oke, silahkan kalian putuskan sendiri. Team Hyorin atau team Ailee? Kita gak bakal bahas itu. 

Tapi, bakal bahas Ailee yang akhirnya merilis album pertamanya! Seperti yang dirilis sama Soompi, Ailee merilis album pertamanya pada 30 September kemarin. Ada sepuluh lagu dalam album berjudul VIVID ini. Dua lagu yang menjadi andalan adalah Mind your own business dan Insane.

Gue udah liat MVnya dan yang mind your own business dapet banget kesan girl powernya. Ceritanya tentang cewek yang disakitin sama cowoknya terus dan udah capek berantem. Terus dia kayak bilang udah cukup deh gue disakitin, lo emang ganteng tapi kelakuan lo sampah banget. Ya kurang lebih isi liriknya gitu. Terus kata Ailee urus aja urusan lo sendiri gue mau pergi dan gak usah kejar gue lagi. Di MV itu AIlee sama geng-nya ngerusakin mobil cowoknya atau mantan cowoknya. Biasalah cewek yaa, yang punya masalah satu orang dikeroyok bareng-bareng. 

Sementara di MV Insane, Ailee kayak mau nyeritain dia yang lagi tergila-gila dan jatuh cinta sama cowok ini. Sampe-sampe dia gak bisa pisah walaupun satu detikpun. Selalu bayangin cowok ini ada disampingnya pas dia bangun. Gak mau cuma nerima panggilan dari telpon doang, maunya cowok ini selalu ada disamping dia.  Pokoknya cerita dilagu ini tentang cewek yang lagi jatuh cinta gitu. Yang bikin kesel sih model cowok di MV ini kakinya lebih kecil dari Ailee, gak ada hubungannya sama lagunya sih cuma gue aja sebel liatnya hahaha. Yang bikin gue agak bingung sebenernya cowoknya ini punya cewek lain atau hubungan mereka LDR? Ya silahkan kalian simpulkan sendiri setelah nonton MVnya ya.

Gue juga suka cover album lagu ini dengan background warna pink dan Ailee seolah keluar dari backgroundnya itu. Dia kayak mau nunjukin, 'i was born' karena ini juga album pertamanya kan.
Lagu-lagu Ailee dari dulu emang selalu nunjukin girl power sih kayak I'll show you, singing got better, dan masih mirip sama tema lagu Mind your own business ini. Ailee mau nunjukin kalo setelah putus dia jadi lebih baik, atau dia bisa hidup tanpa cowok itu.
Meskipun Ailee sempat mengalami cedera saat syuting MV, Ailee tetap melakukan comebacknya sesuai dengan jadwal yang udah direncanakan.

Comeback stage nya pertama kali di M Countdown. Ailee yang kakinya di gips harus duduk di kursi sambil nyanyi dikelilingin sama dancer cewek. Penampilannya tanpa act stage gak bikin dia kehilangan pesonanya. Diva tetap aja diva, dengan suaranya meskipun lagunya up beat tetap bisa dibawakan Ailee dengan baik. Kasian banget sih liat Ailee yang memaksakan comeback padahal kaki masih di gips gitu. Pasti ribet dan gak enak banget.


Ailee(에일리) - 'Mind Your Own Business(너나 잘해)' M COUNTDOWN 151001 EP.445


Di album ini juga Ailee berkolaborasi dengan salah satu sahabatnya Amber di lagu Letting Go. Lagu-lagu di album VIVID ini juga punya banyak genre. Kalau Mind your own business up beat, lagu Insane dan Letting Go lebih R&B. Yang gue dengerin sih, lagu-lagu di album ini gak terlalu K-pop ya. Agak meniru ke western gitu? coba deh di dengerin sendiri dan bandingin sama lagu-lagu Ailee sebelum-sebelumnya.

Menurut gue sendiri Ailee adalah salah satu artis solo Korea yang karirnya bagus. Meskipun sempat kena kasus, foto-foto pribadinya tersebar di internet dan yang nyebarin itu katanya mantan pacarnya. Buktinya Ailee masih bisa diterima sama Kpopers. Kualitas emang gak bisa bohong sih. Suara dia emang enak banget dan penampilan dia selalu total. 

Lagu favorit gue di album VIVID ini ada: Mind your own business, Jan-eul chaeugo yang bergenre ballad. Lagu dia sama Amber juga enak yang Letting go. Secara keseluruhan album Ailee ini worth it banget buat dibeli, didownload, secara resmi lewat iTunes atau juga ngebajak lewat k2nblog hahaha.
Dan, pantas-pantas aja kalau Ailee menyandang predikat Beyonce nya Korea. Selain karena lagu-lagu dan act stage nya selalu memukau, juga emang keliatan banget kalo dia meniru Diva yang satu itu. Dari gaya panggung, genre lagu juga. Tapi, meniru kan boleh aja. Asal bukan menjiplak. Apa ya bedanya meniru sama menjiplak? Meniru itu dia menjadikan yang dia tiru sebagai role mode tapi bukan mengikuti 100%. Sementara menjiplak itu tinggal copy-paste doang.

Jadi, album VIVID ini lagi ada di playlist gue karena lagu-lagunya yang enak. 
Selamat mendownload, dan mendengarkan lagunya. Saran aja dengerin lagunya smabil baca terjemahan bahasa inggrisnya biar lebih menghayati lagunya.

Comments