Review Taeyeon's mini album "I"

kabar gembira untuk SONE(baca sowon) semua ...hmm, lelucon ini udah garing sih. Leader Girls' Generation ini akhirnya mengeluarkan album solo nya.

Ada lima lagu di album ini, sebenarnya ada enam tapi yang satu itu instrumental-nya lagu I jadi nggak dihitung deh. Lagu yang menjadi andalan di album ini adalah lagu I. Di lagu ini Taeyeon duet dengan rapper Verbal Jint. Ini pertama kali Taeyeon melakukan kolaborasi dengan rapper yang satu itu. Karena lagu ini menjadi andalan, nggak tanggung-tanggung MV lagu ini pun dibuat di New Zealand.

Oke kita bahas satu per satu deh. Pertama gue mau bahas MV "I" dulu. Setting di New Zealand, disini Taeyeon berperan jadi waitress di cafe gitu, bos nya orang bule.

Di awal MV Taeyeon lagi melayani pengunjung. Sebagai waitress Taeyeon disini baik banget selalu tersenyum ke pengunjung yang datang. Menerima dan mengantarkan pesanan dengan hati riang.


Waitress Kim Taeyeon yg ceria 

Penuh senyum menghadapi pengunjung

Tiba-tiba dia diomelin sama bos nya gara-gara Taeyeon ngelamun di meja bar. Lagian ngapain juga waitress duduk di meja bar gitu ya? Coba deh mana ada waitress yang tiba-tiba menghela nafas meratapi hidup yang berat di meja bar kayak Taeyeon gini? hahaha. Ya jelas aja bos nya ngamuk.


Taeyeon kelelahan.

Mas brewok dengan slampe 


Bos nya kayak lagi bilang "Eh lu ngapain duduk bengong disitu, layanin tamu yang bener dong!"
Taeyeon disini cantik banget kayak barbie. 


Verbal Jint yang duet sama Taeyeon disini gak ikut berperan di dalam cerita. Dia emang hadir di MV tapi di shoot secara terpisah

Verbal Jint atau Giring NIDJI? 

Setelah diomelin itu Taeyeon jadi galau duduk di tangga dan ngelamunin hidupnya, kemudian mikir dia mau keluar aja dari kerjaan ini dan menjalani hidup barunya karena tempatnya bukan disini, bukan jadi waitress yang dimarah-marahin. Dia ngerasa lebih berharga dari itu.

Salah gue apa sih?

Ngaca sambil mikir

Terus pas dia lagi ngelap-ngelap kaca dia disamperin sama kupu-kupu. Kupu-kupu ini tiba-tiba aja ngasih inspirasi buat Taeyeon dan tambah menguatkan niat Taeyeon buat keluar dari tempat kerjanya itu.


Setelah mikir dan akhirnya dia memutuskan buat keluar dari pekerjaannya. Taeyeon ngambil kunci mobil yang ada di atas meja bar terus pergi ninggalin bos nya yang marah-marah. Ini ajaibnya ya, ada waitress orang Korea ngambil kunci mobil entah milik siapa, kalau milik bos nya berarti Taeyeon melakukan kriminal dong haha. Tapi, gue sih mikir positif ya. Itu mobilnya Taeyeon. Taeyeon itu sebenarnya pemilik cafe itu tapi diperlakukan kayak cinderella gitu. Mungkin dulu bapaknya Taeyeon punya hutang sama bos nya yang bule ini terus cafe nya jadi diambil alih dan Taeyeon jadi waitress di cafe miliknya sendiri. Kayak film Cinderella Story (Hilary Duff). 

Jalan ke dalam cafe abis ketemu kupu-kupu 

gue ambil nih mobil lo 

Di tempat lain ada Taeyeon lain yang hidupnya bahagia, lari-larian di padang rumput. Berpakaian kayak gadis-gadis penggembala gitu. Sementara Taeyeon yang satu lagi ngelamunin nasibnya yang gini amat si Taeyeon yang gadis penggembala tadi jalan-jalan di desa dengan senangnya.

Taeyeon si gadis desa 

Yang lebih mengejutkan adalah mobilnya BMW. Sekaya apa Taeyeon sampai bisa beli BMW di New Zealand padahal pekerjaannya waitress. Bukan meremehkan ya tapi mencoba realistis aja. Seperti yang pernah dilansir Dispatch mobil member SNSD ini emang BMW tapi kan ceritanya di MV ini dia jadi waitress. Yaudahlah namanya juga MV suka-suka SM aja mau bikin gimana, gak nyambung dan agak aneh kayaknya udah jadi cirikhas SM. Meskipun MV Taeyeon ini bagus dan beda dari MV artis SM sebelumnya yang selalu pakai studio, tata lampu yang menarik, visual effect tapi tetap aja ada kurangnya ya. Gue nggak bilang MV nya jelek cuma ada yang kurang aja karena nggak realistis.

BMW! 

Setelah mendapatkan mobil Taeyeon pun pergi jalan-jalan. Dari ekspresinya sih nunjukin kalau dia udah merasa bebas nggak kayak sebelumnya pas jadi waitress tertekan. Yaiyalah siapa yang nggak senang pergi jalan-jalan di New Zealand naiknya BMW.

Abis nyetir lama menuju satu tempat sampailah Taeyeon disuatu tempat kayak pantai gitu. Disana dia ketemu sama kembarannya Taeyeon yang gadis desa.


Adegan di MV berakhir sampai bertemunya dua Taeyeon ini. Yang satu gadis desa, yang satunya lagi gadis kota. Mirip telenovela Cinta Paulina ya? nggak!

Gue juga suka fashionnya Taeyeon di MV ini. Dari awal meskipun cuma kemeja putih, jeans hitam, dan sepatu oxford warna abu-abu. Terus pas dia keluar dari cafe tempat dia kerja dia pakai Coat warna hitam gitu.



Waktu pas nyetir juga suka dia pakai jaket hitam. Meskipun sederhana tapi chic aja gitu.



Lagu 'I' sendiri menceritakan tentang seseorang yang terjebak dalam realitas kehidupan dan melupakan mimpinya. Isi lagu tersebut disampaikan dengan baik di MV nya yang menceritakan tentang gadis yang akhirnya menyadari bukan kehidupan seperti ini yang dia inginkan. Hidupnya indah dan dia harus mengejar mimpinya. Maka dia memutuskan buat keluar dari pekerjaan dan memulai hidup baru.

Yang bikin gue heran adalah kenapa ada dua Taeyeon. Mungkin juga menjelaskan lagu Gemini makanya Taeyeon dibikin kembar?

Nah sekarang bahas tentang lagu-lagu lain di album ini. Lagu lain yang langsung menarik telinga gue adalah lagu Gemini atau yang dalam bahasa Koreanya Ssangdungijari. Lagu ini menceritakan tentang pasangan yang punya banyak kesamaan bahkan seperti gemini yang kembar. Tapi pasangan yang seperti kembar ini harus berpisah dan Taeyeon kayak mengingat-ingat lagi masa-masa dulu pas masih sama-sama gitu. Masa-masa indah sebelum negara api menyerang (oke lelucon ini juga udah basi)

"Oh remember, we liked
We cried and also laughed
So we can go back to that time in the beginning (You)
We were always together, we became alike
I can't even imagine fogetting you,
We were one, me and you
You you you, yeah, oh yeah"
Gue suka semua lagu di album I ini. Lagu-lagunya terkesan Taeyeon banget. Yang kelihatan introvert tapi juga dorky. Lagu lain yang gue suka adalah U R (You Are) lagu ini menceritakan tentang seseorang yang akhirnya menemukan soulmatenya, tambatan hatinya yang selama ini dia cari-cari. Dan, setelah menemukan tambatan hatinya. Ceweknya jadi budak cinta yang memuja-muja pasangan hidupnya ini.

"You are always beside me,
You are inside of my tender heart,
Even more shining and beautifully,
It fills the night sky,
You're my star
Yeah U R, Oh U R"
Ini cuma gue atau ada yang ngerasa kalau intro lagu Stress mirip sama lagunya Katy Perry-The one that got away?

isi lagunya sih beda banget. Lagu Stress ini menceritakan tentang cowok yang bikin ceweknya stress gara-gara bikin cewek ini tergila-gila. Sampai-sampai ceweknya ngerokok buat menenangkan diri. Wihh bayangin kalau lagu ini dibikin MVnya dan kita bakal lihat Kim Taeyeon ngerokok.

"You got me smoking cigarettes,
I'm in stress, baby
My breathing is suffocated,
My heart thumps, but
As I think of you, baby
Awaken my sleeping heart,
This night when I think of you,
When the world becomes dark,
I'll deliver to you my shaking heart, oh
I can't escape your side"
Lagu terakhir adalah Farewell yang punya judul Korea Meonjeo marhaejwo. Judul Koreanya punya arti Tell me first tapi arti dari lagu ini adalah perpisahan atau farewell. Lagu ini lagu ballad dan sukses bikin gue baper sih.

"Tell me firstNot ambiguously but a bit more clearer,Like a fool, IWords that said to be well, words that said thank you"
Cerita di lagu ini adalah cewek yang lagi digantungin gitu. Galau banget lah pokoknya Taeyeon di lagu ini. Dan, suaranya Taeyeon berhasil banget bikin lagu ini ngena ke pendengarnya. Ditambah lagi lirik lagunya yang juga bagus. Terus tanpa tahu apa-apa ceritanya cewek nya ditinggalin gitu aja. Hatinya cewek ini masih gak terima gitu sama perpisahan mereka.

"NEED U
Words that said to be well
Words that said thank you
What do I do, I don't know anything
Now I can withstand,
But the last farewell is really disappointing
Goodbye"
Lima lagu ditambah satu instrument untuk lagu I berhasil menggeser Ailee VIVID dari playlist.
Lagu yang paling jadi favorit yang mana? Gemini, dan Farewell karena suka sama liriknya.

Terakhir gue mau bilang kalau Taeyeon di MV I mirip sama Jessica. Ini bukan delusinya TaengSic shipper ya. Tapi coba deh perhatiin mirip banget mereka disini.

nih mirip kan. pokoknya mirip!

Satu lagi
Perhatiin baik-baik!


Seperti yang dilansir Allkpop MV I udah berhasil dilihat sebanyak 1juta kali di YouTube. Selain itu menjadi tops iTunes charts di 12 negara. Nggak cuma itu lagu I sendiri berhasil meraih all-kill di music charts. Minggu depan bakal jadi minggu yang panas buat persaingan di acara musik. SM sebelumnya udah mengkonfirmasi bahwa Taeyeon akan melakukan debut solo stage nya di M-Countdown. Kita lihat aja bakal sepanas apa persaingan soloist Taeyeon dan Ailee yang dua-duanya favorit gue banget.

Apakah album Taeyeon pantas buat didownload atau dibeli? terlepas dari gue SONE. Pendapat gue semua diatas gue rasa cukup objektif. Lagu-lagu di album ini emang enak-enak. Terutama bagi yang suka lagu R&B,Soul, dan ballad dengerin deh lagu di album I ini dijamin gak nyesel. Suara Taeyeon yang empuk dan hangat bisa membawa kita meresapi lagunya bahkan tanpa ngerti arti lirik lagunya.

Comments