Review film : In The Heart of The Sea (2015)

Kena Karma Ikan Paus



Kalian pernah ngerasain kena karma nggak? 
yaa pokoknya yang kalian lakuin itu bakal dibales intinya sih gitu. Terus apakah aku pernah kena karma ikan paus? oke, karma ikan paus yang aku maksud disini adalah film In the heart of the sea.

Film In the heart of the sea ini menceritakan bahwa jaman dulu minyak diambil dari perut Paus. Eh Paus itu nggak termasuk ikan ya mereka mamalia (ini pertanyaan bukan pernyataan ya, yang bisa jawab coba tulis di komentar :D)
Karena Paus itu adanya di lautan (yaiyalah masa dia ada diatas kasur penuh camilan sambil nonton drama Korea, itumah kamu) Hmm, balik serius lagi ya. Karena, Paus itu adanya di laut maka yang ngambil minyak di perut paus itu adalah sekumpulan pelaut. 

Chirs Hemsworth a.k.a Thor disini berperan sebagai orang yang jago nangkap paus. Dia dan Cilian Murphy a.k.a yang biasanya selalu jadi penjahat disini sahabatan dan jadi pelaut yang udah jago banget. Si Chris tadinya mau dipromosiin jadi kapten, tapi gak jadi (jaman dulu aja udah php) Benjamin Walker a.k.a yang menurut aku mirip sama Jamie Dornan, yang jadi kapten disini soalnya bapaknya dia yang berinvestasi ke ekpedisi ini. 

Lautan yang penuh dengan keindahan dan misterinya disini menunjukkan kekuatannya kayak di film Titanic. Karena keserakahan mereka makanya mereka kena karma paus. Pada satu waktu setelah melewati banyak waktu di lautan mereka akhirnya berhasil nangkap satu paus dan mengambil minyak dari perut paus itu. Karena sang kapten dan perwira satunya berambisi buat dapetin minyak yang lebih banyak, paus yang lebih besar. Mereka nggak jadi pulang tapi berlayar buat mengeksplor lautan yang katanya berada banyak paus di laut tersebut.

Nah, di laut itu ternyata emang ada banyak banget paus lagi pada kongkow, ngumpul ngegosip, ada yang lagi ngocok arisan. Pokoknya rame banget deh. Tapi, ada satu bosnya disitu sang paus putih yang mereka pikir cuma mitos doang. Paus putih ini besarnya dua kali paus biasa. 
Si paus putih ngerasa keganggu sama kehadiran kapal pembajak paus ini. Dengan kekuatannya si paus putih berusaha melindungi komunitasnya itu. Dia tabrak lah kapal mereka sampe akhirnya kapalnya rusak, dan kebakaran dan beberapa awak mereka meninggal.

Para awak menyelamatkan diri dengan naik ke sekoci yang ada. Empat sekoci yang akhirnya bisa selamat termasuk sang kapten, chris hemsworth dan cilian muprhy. Mereka terkatung-katung dilaut selama tiga bulan. Sampai akhirnya mereka juga melakukan kekejian ke sesama teman mereka demi bertahan hidup.
Anehnya kemanapun sekoci mereka terbawa arus laut si paus putih selalu ngikutin seakan pengin balas dendam terus dan ngasih tau ke mereka supaya gak balik lagi ke lautan buat nangkapin paus. 

Awalnya si kapten masih berambisi buat menangkap paus putih, dia nyuruh si chris hemsworth buat menghunuskan tombaknya ke arah paus putih saat mereka punya kesempatan. Tapi menurut chris ini adalah saatnya dia berdamai dengan si paus dengan menunjukkan kalau dia gak punya keinginan lagi untuk menyakiti paus. Paus itu kemudian pergi begitu aja gak mengikuti sekoci mereka.
Pada akhirnya cuma ada sedikit awak yang selamat setelah terkatung-katung dilautan. Sekoci milik chris dan si kapten berhasil ditemukan oleh kapal yang sedang berlayar dan mereka pun selamat.

Cerita ini juga yang menginspirasi cerita Moby Dick.  Makanya jangan serakah deh jadi orang, kena karma paus kan.

Di film ini ditunjukkin gimana caranya manusia nangkapin paus dengan cara yang menyakitkan.
Manusia emang butuh minyak, dan di film ini juga diceritain kalo akhirnya manusia menemukan minyak dari pengeboran bukan dari paus lagi.

Jadi, Paus itu ikan atau mamalia atau apa sebenarnya?

Paus adalah hewan yang berhati lembut.

Comments