Review Drama Misaeng-Incomplete Life (2014), bukan drama Korea untuk remaja


Akhirnya selesai juga nonton drama ini 20 episode. Awalnya tertarik buat nonton drama ini karena salah seorang teman yang lagi nonton drama ini suka post di Path.
Jadi penasaran sama ceritanya, meskipun telat setahun nontonnya. Drama ini tayang di TvN dari 17 Oktober sampai 20 Desember 2014. Bagi yang mau nonton, coba cek viki.com atau nonton.mobi
Kalau di viki kalian harus download aplikasi vpn supaya servernya gak membaca lokasi kalian di Indonesia, karena ada beberapa drama di viki.com yang belum tersedia di Indonesia.

Oke, langsung aja aku mau bahas tentang drama yang jadi favoritku setelah Hwang Jin Yi (2006) dan Let's Eat (2013)
Cerita drama ini tentang dunia kerja, jadi lupakan soal cinta-cintaan, gak akan ada adegan cinta-cintaan di drama ini.
Drama ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Jang Geu Rae yang diperankan oleh Im Siwan, ZE:A. Awalnya Jang Geu Rae adalah pemain GO yang sedang belajar untuk kompetisi GO profesional. Sejak ayahnya meninggal, Jang Geu Rae harus mengubur mimpinya untuk menjadi pemain GO dan mulai kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan ia dan ibunya. Salah seorang gurunya memiliki kenalan CEO di perusahaan dagang terkenal, kemudian menyuruh agar Geu Rae magang saja di perusahaan tersebut. Melalui jalur koneksi atau nepotisme Jang Geu Rae berhasil masuk ke perusahaan tersebut dengan menjadi pegawai magang.

Hanya memiliki ijazah yang setara dengan sekolah menengah atas dan kemampuan memakai komputer seadanya Jang Geu Rae harus bersaing dengan pegawai magang lainnya yang memiliki kualifikasi diatas rata-rata. Kebanyakan mereka adalah lulusan Universitas ternama dan memiliki IPK tinggi serta dengan kemampuan berbahasa asing yang baik.
 Ahn Young Yi (Kang Sora) dan Jang Baek Ki (Kang Haneul) adalah dua dari pegawai magang yang menonjol. Mereka berdua memiliki kualifikasi diatas rata-rata.
Geng pegawai baru

Dalam seleksi pegawai magang harus mencari partner untuk mempresentasikan tugas yang diberikan perusahaan. Jang Gaeu Rae memilih Han Suk Yool (Byun Yohan) untuk menjadi partnernya karena menurutnya ia tidak akan dimanfaatkan oleh Suk Yool karena mereka berdua saling membutuhkan.
Meskipun sedikit berselisih Suk Yool dan Geu Rae akhirnya mampu masuk sebagai pegawai di perusahaan tersebut bersama-sama dengan Young Yi dan Baek Ki. Sayangnya karena kualifikasi Geu Rae yang kurang, ia hanya menjadi pegawai kontrak selama dua tahun sedangkan tiga yang lain menjadi pegawai tetap.

Selain Jang Geu Rae peran yang sangat menonjol disini adalah Oh Sang Sik (Lee Sung Min) sebagai atasan atau bos Jang Geu Rae. Awalnya Pak Oh meragukan kemampuan Geu Rae dan selalu marah-marah karena Geu Rae bikin salah terus. Tapi lama kelamaan Pak Oh mau ngajarin Geu Rae tentang perdagangan. Keduanya pun memiliki chemistry sebagai atasan dan bawahan. Pak Oh sangat ingin melindungi Jang Geu Rae dari politik di perusahaan tersebut.
Pak Oh adalah manajer dari tim penjualan 3 tempat Jang Geu Rae magang. Entah kebetulan atau emang Pak Oh yang meminta agar Geu Rae ditempatkan lagi di tim penjualan 3.

Pak Oh lagi ngecek kerjaan Jang Geu Rae
Di drama ini emang minim banget bau-bau percintaannya. Awalnya aku ngira bakal ada cerita cinta Baek Ki sama Young Yi, ternyata nggak ada. Mereka berdua emang saling ngasih perhatian tapi mereka berempat emang saling ngasih perhatian sebagai teman satu sama lain jadi gak ada bau-bau yang nunjukin Baek Ki naksir Young Yi atau sebaliknya. Tiap Young Yi sama Baek Ki berdua obrolan mereka juga gak pernah yang menjurus kearah lovey dovey meskipun Young Yi sempet nyeritain kisah hidupnya. Belum lagi si cerewet Suk Yool suka muncul diantara mereka berdua dan gangguin.

Justru kedekatan antara partner kerja yang bikin drama ini menyentuh. Pak Oh yang kerja dengan jujur dan mau ngelindungin anak buahnya juga menyentuh banget.
Pak Oh ini tipe bos yang keras tapi berhati lembut. Dia suka marahin Geu Rae atau Dong Sik si asisten manajer kalo mereka berdua kerjanya gak bener. Tapi dia juga mau bantu bukan cuma atasan yang bisanya nyuruh doang. Dong Sik dan Geu Rae akhirnya jadi loyal banget sama Pak Oh. Sampe-sampe pas Pak Oh keluar dari perusahaan itu Dong Sik juga ikutan keluar dan milih kerja di perusahaan Pak Oh yang masih baru dan kecil.
Kim Dong Sik asisten manajer dengan rambut ramen

 Di drama ini banyak pelajaran tentang hidup dan gimana kerasnya dunia kerja atau kantor. Politik antar sesama pegawai yang gak bisa dihindari, kesempatan untuk dipromosiin sekaligus membuat partner kerja dihukum.
Ada satu quotes atau mungkin kata-kata yang aku suka banget di drama ini.
"Jalan itu selalu ada meskipun kamu tidak melihatnya, jalan itu selalu terbuka, hanya saja tidak semua orang memiliki jalan itu"
Yang aku artiin dari kata-kata yang diucapkan sama Pak Oh itu adalah : kesempatan itu selalu ada tapi gak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut.
Bener banget sih. Lowongan pekerjaan itu banyak tapi gak semua orang bisa dapet kerja. Harapan itu ada meskipun kita gak bisa melihatnya.

Drama ini cocok banget ditonton sama orang-orang yang baru lulus, yang mau kerja atau yang lagi kerja. Nunjukin banyak hal termasuk gimana cara orang Korea kerja. Mereka emang pekerja keras atau dipaksa kerja keras sampe stres dan akhirnya minum-minum sampe mabok atau yang lebih parah ya berakhir bunuh diri.

Akting Siwan disini bagus, memerankan karakter Geu Rae yang disiksa terus sama atasan dikantornya tapi tetap bertahan dan berani ngasih ide-ide baru buat tim nya.
Kang Haneul atau Baek Ki disini awalnya kayak baik tapi kadang suka jahat gara-gara iri sama Geu Rae. Tapi lama-lama sih jadi sahabatan juga sama Geu Rae karena mereka dapet misi bareng-bareng dan disitu Baek Ki jadi lebih tau tentang hidupnya Geu Rae yang ternyata susah.
Kang Sora, karakter Ahn Young Yi cocok banget sama dia karena jadi wanita yang tegas, mandiri, tapi juga punya batasan dan bisa nangis. Jadi inget waktu Sora jadi Ha Chun Hwa di film Sunny, mirip sama di drama ini karakternya jadi cewek yang kuat dan gak banyak omong.
Han Suk Yool yang diantara mereka bertugas jadi penghibur juga ternyata punya kisah hidup yang gak kalah sedih dan Byun Yo Han bagus memerankan karakter lucu, pengganggu sekaligus bisa sedih dan bikin penonton kasihan sama dia.
Han Suk Yool ganteng kalo rambutnya gini

Cuma Baek Ki yang kisah masa lalu hidupnya gak diceritain di drama ini. Kalo gak salah sih masing-masing karakter ada cerita prequelnya tapi gak dimasukin dalam drama.

Selain Jang Baek Ki, karakter lain yang juga ganteng dan menawan adalah Pak Cheon. Dia adalah wakil manajer, atau wakilnya Oh Chajangnim.
Yaudahlah pokoknya kalian tonton aja drama ini karena sangat bagus. Biasanya drama Korea itu bagus diawal tapi kentang pas ending. Drama ini menurutku bisa stabil dari episode awal sampe akhir ngebawa emosi penonton.
Kalau aku bilang sih drama ini cukup realistis, dari segi cerita juga gak dipaksain buat happy ending atau karakternya dibikin yang sedih banget sampe penonton kasihan.
Jang Geu Rae yang meskipun kasihan tapi nggak di dramatisir, dia tetap punya semangat buat kerja dan tetap ada sisi seneng-seneng sama teman-temannya.

Selamat menonton dan jangan lupa siapin tissue.

Comments

  1. tapii kok aku gak bisa paham ya siss, itu akhirnya Mr Oh dan gu rae itu masih kerja di one international??

    ReplyDelete
  2. Karna pak oh Dan Gu rae kebanyakan minum sake stiap hari sample gila

    ReplyDelete

Post a Comment