Datang ke tempat ini berbahaya saat pikiran kosong

APKOM YES 2016 Semarang 

Setiap tahun selalu ada pameran komputer yang diadakan di Java Mall. Kali ini APKOM YES 2016 Semarang  digelar dari 1-5 Desember.
Banyak brand yang meramaikannya. Lenovo, Asus, Acer, Epson, HP, Canon, Brother, dan juga ada Smartfren yang hadir dengan berbagai penawaran menarik.

Sejak SMA saya suka datang ke acara pameran komputer. Waktu itu karena belum punya laptop jadi senang melihat laptop-laptop yang dipajang membayangkan suatu hari saya bisa menggunakan salah satu diantara mereka.

Kalau datang ke pameran komputer seperti itu godaan selalu saja ada. Apalagi event tersebut diadakan saat tanggal muda dan orang-orang baru saja gajian. 
Yang tadinya tidak berniat beli apa-apa jadi tergoda, minimal bawa pulang flashdisk atau mouse wireless.

Selain laptop dan aksesoris komputer, di pameran tersebut juga ada yang berjualan kamera. Tambah mupeng lah saya melihat Sony A6000 terpajang dengan cantiknya di etalase. Apa daya uang belum cukup untuk membelinya. 

Jangan datang ke sini dengan pikiran kosong namun dompet yang penuh.

Kali ini saya berhasil melewati pameran ini tanpa membeli sesuatu. Mungkin sekarang sudah agak sadar mana yang butuh mana yang tidak. Dulu minimal saya bawa pulang cairan pembersih laptop yang harganya 10-15ribu.

Di pameran komputer kali ini ada satu brand alat-alat rumah tangga nyempil. Panasonic hadir juga dengan memamerkan TV, kulkas, dan mesin cuci mereka. 
Rasanya agak aneh ya ada produk elektronik seperti ini padahal judulnya pameran komputer. 

Saran saya sebelum datang ke pameran komputer browsing dulu kira-kira laptop apa yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan. Memperhatikan perbandingan harga dan spesifikasi pada setiap merk juga penting. Misalnya dengan spesifikasi yang sama dengan brand A kita dapat mendapatkan harga yang lebih murah pada brand B.

Bertanya pada teman yang sebelumnya pernah memakai brand tertentu juga penting. 
Saat berada di pameran seperti itu tentunya sulit untuk fokus pada apa yang kita butuhkan. Pergilah dengan teman agar dapat memberi opini dan agar jangan sampai kita termakan rayuan penjual.

Setiap penjual akan mengatakan bahwa semua produk bagus. Kita yang harus pintar mencari informasi tentang produk yang akan kita beli.

Saya sih berharap suatu saat nanti saya bisa datang ke pameran komputer dan membeli MacBook Pro.

4 comments

  1. Aku aminin ya, next pameran bisa bawa pulang MP. Kalau aku ke pameran produk IT gitu suka bawa temen yang emang paham dunia IT. Sebelumnya nanya sama dia dulu soal produk A B C. Lalu baru hari berikutnya kita ke pameran bareng-bareng :D :D Suka bingung kalo sendiri. Bener jangan sampai pikiran kosong dan doompet kudu penuh. :D

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kin! Pernah ada temen mau beli hape, tapi belum tau spek kaya apa yg dia pengenin, eh dateng lah dia gerai hape merk APPA, kehasutlah dia beli hape itu dengan bahasa marketer masnya yg apik. Habis itu nyesel, karena hapenya belum support 4G, dan ram masi 1GB. Padahal dgn harga yg sama dia bisa dapetin hape yg udah 4G dan ram 2GB. Tambah nyesel lagi, hapenya gabisa buat internet tepat sebulan setelah masa garansi abis. "Ra tuku hapene malah tuku ababe mase"

    -DitaTifani-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tuku ababe mase. Emang merk appa itu promosinya gila gilaan di sini. No 2 tertinggi penjualannya setelah samsul.

      Delete