Branding, penting atau nggak?


Pernah denger atau baca kata branding atau brand awareness nggak? kayak misalkan ada temen kamu yang ngomong "personal branding di social media itu penting lho!" 

Sebenarnya apa sih branding itu? 

Ketika sebuah produk ingin dikenal maka ia akan melakukan branding. Branding adalah sebuah upaya yang dilakukan agar produk yang kita punya dapat melekat di pikiran konsumen. Misalkan saja ketika saya menyebutkan kata Apple, apa yang kamu pikirkan ketika membaca atau mendengar nama tersebut? apakah akan merujuk kepada buah apel? atau Apple perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs?

Tentunya sebagai pemilik brand kita memiliki keinginan, ingin dikenal seperti apa brand yang kita punya? Saya contohkan lagi Apple. Steve Jobs di dalam film  Steve Jobs (2015) bilang kalau ia ingin supaya pengguna Apple memiliki kontrol penuh terhadap produk yang digunakan. User Interface yang bersih, dan sederhana. Pengguna Apple nggak perlu bingung dengan pengaturan yang njlimet. Begitu produk yang dibelinya menyala, ia langsung dapat menggunakan aplikasi tanpa ribet. 

Kesederhanaan tampilan, kemudahan penggunaan fitur dan aplikasi di iOS ataupun MacOs tidak lantas menjadikan Apple brand murahan. Justru hal itu membuatnya menjadi berkelas dan mahal. Apple membuat pengguna merasa eksklusif. Perasaan atau user experience tersebutlah yang juga membuat produk Apple menjadi mahal. Namun, membangun trust dari pengguna agar mau membayar untuk sebuah produk Apple bukanlah hal yang mudah.

Branding yang dilakukan oleh Apple bertahun-tahunlah yang membuatnya mencapai semua itu dan bukan tanpa kegagalan. Banyak produk Apple yang gagal dan membuat perusahaan rugi. Tapi Apple konsisten membuat produk yang sesuai dengan visi misi mereka di awal. Banyak perusahaan yang mencoba idealis namun eksekusinya gagal karena kurang inovasi atau ada juga yang berusaha mengikuti trend tapi malah kegerus oleh brand lainnya karena kurangnya karakter.

Proses branding memerlukan banyak aspek. Dari mulai logo, visi misi perusahaan, tagline dengan kata lain sebuah brand identity yang kuat diperlukan. Brand identity adalah elemen kasat mata dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai-nilai produk sebuah perusahaan agar dipahami oleh konsumen melalui aspek warna, simbol atau tipologi. (Mengapa Brand Identity Sebuah Perusahaan Sangatlah Penting)

Jika sebuah perusahaan, produk perlu melakukan branding begitu juga dengan manusia. Personal branding perlu kamu lakukan jika kamu ingin mencapai sesuatu. Misalkan kamu ingin dikenal sebagai blogger lifestyle karena sering menulis content tentang gaya hidup dan berharap ada klien yang meng-endorse atau kamu adalah seorang graphic designer yang ingin dikenal memiliki design yang unik dan berbeda tentu saja yang harus kamu tampilkan di portfolio adalah design-designmu yang bagus. Personal branding kadang disebut juga pencitraan. Seperti apa kita ingin dikenal.

Pencitraan adalah sebuah upaya. Yaa kalau bisa konsisten pencitraan melulu nggak apa-apa juga. Tapi menjadi jujur ketika mem-branding diri sendiri juga nggak ada salahnya. Misalkan Reza Arap (youtuber) mungkin ia memang ingin dikenal sebagai gammers ganteng idaman yang nggak suka pencitraan sok baik. Yaa karakter dia memang seperti itu dan personal branding yang ia bangun juga seperti itu.

Jadi menurut kamu branding itu penting nggak? kalau kamu ingin dikenal sebagai apa?

2 comments

  1. Personal branding dan pecitraan itu menurut mu sama atau beda kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sama, hanya pencitraan konotasinya negatif aja sekarang. Padahal kalau personal branding itu bahasa inggris, padanan kata apa yang pas untuk personal branding kalau bukan pencitraan? pencitraan kan dilakukan agar nantinya citra yang dihasilkan seperti yang diinginkan to? citra sama brand sama atau nggak menurut kamu?

      Delete